Istiqomah Walau Sedikit

Kultum Ramadhan

Istiqomah Walau Sedikit

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakaatuh,

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Ilahi Rabbi, Sang Pemilik seluruh jagat alam semesta beserta isinya, karena hanya atas karunia-Nya sajalah kita pada malam ini masih dapat bersama-sama menjalankan ibadah sholat tarawih di bulan ramadhan tahun ini dalam kadaan aman fi amanillah, sehat wal afiat. Mudah-mudahan setiap derap langkah bisa membuahkan pahala bagi kita semua, bisa menjadi penghapus dosa dan pengangkat derajat di hadapan Allah SWT.

Taklupa semoga shalawat serta salam senantiasa tercurah kepada jungjungan kita, suri tauladan kita semua, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabatnya, para tabi’in, tabiut tabiahum, kepada kita semua, serta kepada seluruh umatnya hingga akhir zaman.

Kaum muslimin-muslimat jamaah sholat tarawih yang dirahmati Alloh,

Rosululloh Saw. bersabda, “Amalan yang paling dicintai Alloh adalah amalan yang kontinu (dawam) walaupun sedikit.” (HR. Muslim)

Kontinuitas atau kita kenal juga dengan istilah ‘istiqomah’ dalam beribadah adalah hal yang dicintai Alloh Swt. Melakukan ibadah yang ringan atau sedikit namun terus-menerus dan berkelanjutan, itu jauh lebih bagus daripada ibadah yang berat atau banyak tapi hanya sekali saja.

Semangat yang menggebu-gebu tapi hanya muncul sebentar lalu padam itu biasanya lahir dari jiwa yang emosional. Sedangkan istiqomah itu lahir dari jiwa yang memiliki cita-cita besar yaitu cita-cita ingin dicintai oleh Alloh Swt. Istiqomah tidak bisa lahir dari cita-cita yang selain karena Alloh Swt. Seperti tahajud karena cita-cita ingin dapat jodoh, maka setelah jodoh didapat, tahajud pun berkurang. Setiap amalan yang dilakukan karena alasan duniawi, maka itu tidak akan pernah melahirkan istiqomah.

Orang yang memiliki kemuliaan adalah orang yang istiqomah. Ketika ia mengetahui suatu kebaikan, kemudian ia mau mengupayakan kebaikan itu agar tercapai dan melanjutkannya dengan keistiqomahan, maka ia akan menjadi pribadi yang bernilai. Semoga kita termasuk pribadi-pribadi yang istiqomah dalam beramal, walaupun amal tersebut kecil, sehingga dicintai oleh Alloh Swt.

Dan semoga Allah memudahkan kita semua mendapatkan taufik dan rahmat ampunanNya di bulan yg yang penuh rahmat ini. Aamiin yaa Robbal ‘aalamiin.

Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shahbihii ajma’in

Walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin

 

One thought on “Istiqomah Walau Sedikit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.